Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), merupakan agenda tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk merumuskan rencana kerja pembangunan tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbangdes mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) desa lengkap dengan rencana tahunan yaitu RKP Desa. Musrenbangdes dimaksudkan bisa membangun sinergi kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa.

Musrenbangdes adalah forum perencanaan program yang dilaksanakan oleh pemerintah desa, bersama lembaga, warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Tahun ini, Musrenbang Desa Kalisari terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, dua anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan hadir dalam kegiatan tersebut yaitu, Bambang Sadriyanto dan Sardi. Selain itu, Camat Kalisari, beserta unsur Forkopincam juga nampak menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan Desa Kalisari tersebut. Dalam sambutanya, camat mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa Kalisari. Bahkan, penghargaan Bupati Lampung Selatan untuk Desa Kalisari kategori desa berinovasi dalam pengelolaan website desa juga sempat diutarakanya di hadapan peserta musrenbang desa. Namun, Camat Selogiri berpesan agar unsur Pemerintah Desa Kalisari jangan terlena. Justru, keberhasilan yang dicapai harus ditingkatkan dan bisa menginspirasi desa-desa yang lain. “Penyelenggaraan pemerintahan di Desa Kalisari sudah baik, tapi jangan terlena,” papar Sigit dalam sambutanya.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Kepala Desa Kalisari, Sutikno, saat mengawali acara Musrenbang Desa yang dihadiri lebih dari 60 peserta. Menurutnya, musrenbang tahun ini terasa lebih komplit dengan kehadiran anggota DPRD Kabupaten Wonogiri. “Selama saya menjabat, musrenbangdes tahun ini paling luar biasa karena dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Wonogiri,” ungkap Sutikno, saat membuka musrenbangdes di Kantor Desa Kalisari, Selasa (16/01), siang. Kades dua periode tersebut juga berharap, kehadiran dua anggota dewan tersebut bisa berpengaruh baik terhadap perencanaan pembangunan di desanya.

Ketua Panitia Musrenbang Desa Kalisari, Deni saputra, didampingi empat anggota lainya memandu musrenbang selama 3 jam. Sedikitnya ada 18 rumusan kegiatan pembangunan yang bakal diusulkan ke musrenbangcam tanggal 6 Februari mendatang. Tak hanya Desa Kalisari yang melakukan musrenbang desa di bulan ini. Sesuai jadwal yang disepakati pada rakor di kantor Camat Natar pada hari Kamis (4/01), bahwa pelaksanaan musrenbang desa se-Kecamatan Natar dilaksanakan antara tanggal 15 s/d 23 Januari 2018. Diharapkan jeda waktu hingga tanggal 6 Februari bisa digunakan oleh masing-masing desa untuk mengupload data hasil musrenbang ke aplikasi online emusrenbang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *